Selasa, 18 Juli 2017

9 TIPS YANG BISA KAMU LAKUKAN AGAR SEPATU TIDAK BAU

Image result for 9 TIPS YANG BISA KAMU LAKUKAN AGAR SEPATU TIDAK BAU

Menjumpai atau memakai suatu hal yang berbau tidak enak pasti sangat menyebalkan. Tak tahu itu bau yang alamiah seperti bau tubuh, atau bau-bauan beda yang dibuat dari benda yang kita pakai keseharian. Benda itu misalnya sepatu. 

Jadi benda yang kita pakai keseharian, sepatu sering keluarkan aroma tidak enak. Bukan sekedar kita yang merasa tidak nyaman, orang yang lain yang turut mencium aroma itu pasti akan merasa hal yang sama. Problem begini nyaris dihadapi oleh beberapa besar orang didunia, lho. Mungkin saja kamu satu diantaranya! Oleh karenanya cobalah kerjakan beberapa cara berikut agar sepatu safety tidak bau. 

1. Jagalah Kebersihan Kaki 

Cara pertama yang dapat kamu kerjakan agar sepatu tidak bau diawali dari badanmu sendiri. Jaga selalu kebersihan kaki. Bersihkan kaki sehari-hari setelah usai melakukan aktivitas dengan memakai sabun antibakteri. Sebab, mungkin saja sesungguhnya sumber bau datang dari jamur atau bakteri di kakimu. 

Untuk perawatan ekstra, kamu dapat juga menyemprotkan deodoran di kakimu sebentar sebelumnya kenakan sepatu. Mengingat kaki dapat juga berkeringat, karenanya memakai deodoran pada kaki bermanfaat menghindar aroma yg tidak enak. Orang yang lain juga tidak terganggu dengan baunya.

2. Pakai Bedak Tabur Saat Kaki Mulai Berkeringat 

Bila kamu lupa memakai deodoran sebelumnya kenakan sepatu safety jakarta, dapat ditukar dengan bedak tabur. Bawa selalu bedak tabur didalam tas. Selain berperan untuk membuat rambut tidak terlihat lepek, bedak dapat juga menyelamatkanmu dari bau kaki yg tidak enak. 

Cara memakainya, taburkan bedak di telapak kaki ketika kamu merasa kakimu mulai terasa berkeringat. Tunggulah beberapa saat agar kakimu pun dapat bernafas. Kemudian, kamu dapat kembali memakai sepatumu. Struktur yang lembut dan aroma yang enak dari bedak tabur akan membuat kelembapan kaki terbangun. Apabila kamu telah mengamankan kakimu, pasti sepatu tidak bau. 

3. Pilih Sepatu yang Tepat 

Selain melindungi kebersihan dan kelembapan kaki, kamu harus juga memilih sepatu yang tepat. Kenapa ini jadi penting? Karena dengan sepatu yang tepat, kakimu akan tidak keluarkan keringat yang berlebihan dan memiliki ruang yang cukup untuk aliran udara. 

Lalu sepatu yang tepat itu seperti apa sich? Intinya, ukuran sepatu harus cocok dengan kaki. Begitu sepatu nyaman untuk dipakai. Ingat ya, janganlah paksakan ukuran sepatu yang lebih kecil atau semakin besar, hanya karena kamu telah lebih dahulu jatuh cinta dengan jenis atau warnanya. Sebab, memilih sepatu berdasar pada jenis saja dapat membuat kaki tidak nyaman, keluarkan keringat berlebihan, bahkan lecet dan luka. 

Di samping ukuran, kamu harus juga memerhatikan type bahan sepatu. Pilihlah beberapa bahan yang dapat membuat kaki bernafas dengan baik seperti katun, linen dan kulit. 

4. Gunakan Kaus Kaki 

Sebisa-bisanya gunakan kaus kaki. Pilih yang memiliki bahan katun hingga kaus kaki dapat menyerap kelembapan kakimu dengan maksimal. Begitu, kakimu akan jadi lebih bersih dan sepatu tidak bau. 

Malas memakai kaus kaki karena bakalan terlihat tidak pas dengan flat shoes atau sepatu hak tinggimu? Janganlah cemas. Ada type kaus kaki tertentu yang dapat membuat kakimu terlihat seperti tidak mengenakannya, kok. Di bagian beda, apabila kamu betul-betul ingin kakimu terproteksi dari kelembapan, pilihlah kaus kaki khusus untuk berolahraga lari. Sebab, kaus kaki ini biasanya didesain dengan tehnologi canggih untuk membuat kaki betul-betul kering. 

5. Istirahatkan Sepatu 

Seperti kaki kita, sepatu juga perlu istirahat. Janganlah memakai sepatu selama lebih dari dua hari berturut-turut tanpa ada ditukar. Hal semacam ini dapat membuat sepatu tidak memperoleh aliran udara yang cukup. Sangat dianjurkan untuk menjemur sepasang sepatu yang telah kamu pakai di sinar matahari. Begitu, sepatu dapat beristirahat dan memperoleh aliran udara yang baik. Bagian dalam dan luar sepatu jadi tidak bau. 

6. Taburkan Baking Soda 

Agar sepatu tidak bau dapat pula dengan menaburkan baking soda ke dalamnya. Kamu dapat melakukan ini saat pulang melakukan aktivitas. Biarlah baking soda bertahan sampai esok harinya. Baking soda yang kamu diamkan dalam sepatu akan menyerap bau yang ketinggalan didalam sepatu. Saat kamu akan mengenakannya keesokan hari, tepuk sepatu agar baking soda tidak tersisa. Sepatumu saat ini telah keluarkan aroma yang lebih fresh. 

7. Menghilangkan Bakteri Dalam Sepatu dengan Teh Hitam 

Pakai satu kantong teh hitam yang baru diseduh untuk membuat sepatu tidak bau. Langkahnya mudah, kok. Setelah usai menyeduhnya di air panas, angkat kantong teh hitam barusan dan biarlah selama sekitar lima menit sampai tidaklah terlalu panas. Setelah itu letakan benda tersebut di dalam sepatumu, kurang lebih selama satu jam. Biarlah kandungan tannin-nya membunuh bakteri dalam sepatu. Apabila telah, angkat, lalu bersihkan sepatumu. 

8. Input ke Dalam Lemari Es 

Masukan sepatumu kedalam plastik yang tertutup rapat. Kemudian masukan sepatu yang sudah dibungkus itu kedalam lemari es dan biarlah benda ini berada disana semalaman. Suhu yang dingin akan membuat bakteri dan jamur mati hingga sepatu tak akan keluarkan bau yg tidak enak. Saat kamu keluarkan sepatu ini dari plastik, diamkan sekitar 10 sampai 20 menit. Baru lalu, sepatu siap dipakai. 

9. Bersihkan Sepatu dengan Bersih 

Sepatu bau karena lembab atau barusan kehujanan? Cara paling efisien adalah dengan mencucinya. Pastikan kamu bersihkan bagian permukaan luar, sol bagian dalam dan bagian bawah sepatu. Hal semacam ini untuk meminimalisasikan kotoran yang mungkin ketinggalan pada sepatumu. Janganlah lupa memerhatikan type material sepatumu ya. Sepatu memiliki bahan suede atau kulit harus dibersihkan dengan formula khusus, yang berlainan dengan pembersih sepatu yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *